Sabtu, 27 Februari 2010

Terfokus Pada Customer

Pada sebagian besar perusahaan masih ada batasan-batasan organisasi yang jelas,yang membeda-bedakan fungsi pemasaran,penjualan,manajemen keuangan,pelayanan pelanggan dan produksi.Bagian pemasaran menyusun strategi merek dan mengembangkan materi-materi penawaran,brosur,promosi,surat,iklan, serta melakukan kampanye produk mereka pada masyarakat umum.Tenaga penjualan mencari mitra bisnis yang baru.Manager keuangan memastikan bahwa apa yang telah dijual benar-benar telah sampai kepada pelanggan.Bagian pelayanan pelanggan menangani berbagai permintaan dan keluhan pelanggan.Dan bagian pengiriman mengirim produk dan jasa yang dibeli pelanggan.

Didalam sistem seperti ini,dimana fungsi-fungsi bisnis dibagi-bagi dengan jelas ke dalam wilayah tugas dan tanggung jawab yang saling terpisah,memiliki keuntungan dan juga kerugian.Pada sisi positifnya,sistem ini membuat para karyawan dapat berkonsentrasi melakukan tugas mereka masing-masing dengan baik tanpa gangguan dari departemen lain.Sedangkan pada sisi negatifnya,sistem seperti ini membuat perusahaan sulit untuk mengintegrasikan seluruh produk atau jasanya kedalam suatu bentuk produk atau jasa tunggal ketika memberikan pelayanan kepada seorang pelanggan.Sistem seperti ini mengabaikan komunikasi horizontal dan jaringan kerja, dan pada saat yang sama mendorong kompetisi yang memboroskan di antara bagian-bagian fungsi yang ada di dalam sebuah perusahaan.

Memang,sistem pembagian kerja ini bagus sepanjang yang ingin anda lakukan adalah menjual produk ke pasar.Anda tidak akan menghadapi masalah sampai pada suatu saat anda harus mulai berusaha menjual produk kepada pelanggan,khususnya para pelanggan yang ingin berhubungan dengananda pada seluruh fungsi dan bagian kerja yang ada dalam perusahaan anda.

Tidak masalah seberapa bagus istilah yang anda gunakan untuk mendefinisikan pasar anda.Saat anda mulai menjual produk kepada jenis pasar yang lain,jam pun akan mulai berdetak.Hanyalah masalah waktu sampai pasar akan menekan anda untuk menurunkan harga berbagai produk anda agar tetap kompetitif.Demi mencari efisien yang lebih besar,anda bahkan mungkin akan mengurangi kualitas produk anda.

Namun ada cara yang dapat digunakan untuk menghindari situasi seperti itu,yaitu customer service.Strategi ini mrupakan strategi pemasaran yang terfokus pada pelanggan-pelanggan individual pada suatu waktu.Dengan mengingat interaksi yang pernah terjadi antara anda dengan para pelanggan anda dan menggunakannya untuk menilai hubungan yang lebih kaya,lebih kompleks dan bernilai.Apabila struktur perusahaan anda tidak dapat mencatat interaksi pelanggan dengan seluruh unit dan fungsi bisnis yang anda miliki dan mengungat berbagai kebutuhan serta keinginan mereka,maka akan sulit bagi perusahaan anda untuk mengembangkan hubungan bermakna yang rasional dengan para pelanggan anda.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Terfokus Pada Customer"

Posting Komentar

Selamat berkomentar !!!!
Mari Berteman !!

 
 
Kembali lagi ke atas