Selasa, 02 Maret 2010

Budaya Pelayanan

Setelah mengalami serangkaian perubahan dan peralihan yang tidak biasa,masyarakat barat mengenal estetika ekonomi baru,salah satu diantaranya yang paling populer adalah lebih baik melakukan sesuatu dengan semangat ketimbang memiliki sesuatu dengan semangat.Mengapa anda membeli kendaraan ketika anda dapat menyewanya ? Mengapa anda berinvestasi pada sebuah bagian kecil ketika anda sebenarnya dapat melakukan investasi pada seluruh bagian yang ada ?.

Dunia bisnis mencerminkan fenomena seperti ini,dengan mengganti pertanyaannya sambil tetap mempertahankan maksudnya.Mengapa anda tetap memproduksi berbagai produk dengan biaya tinggi,memiliki keuntungan kecil dan sedikit fleksibilitas ketika anda sebenarnya dapat menjual berbagai bentuk jasa yang hanya membutuhkan sedikit biaya,keuntungan yang lebih besar dan fleksibilitas yang tidak terbatas.

Sekali lagi,teknologi memiliki peran yang penting.Hanya teknologi yang dapat membantu setiap perusahaan untuk memformat kmebali pelayanannya sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan individual para pelanggannya.Karena teknologi,perusahaan manufaktur tidak harus membatasi dirinya dengan hanya memproduksi produk-produk tertentu dan terus berusaha untuk menemukan sebanyak mungkin pelanggan yang ingin membeli produk itu.

Anda tidak dapat berargumentasi tentang apa yang lebih dulu terjadi,pelayanan ekonomi ataukah pelayanan mental.Ini adalah pertanyaan tentang telur dan ayam.Setiap perusahahan,yang memfokuskan perhatiannya pada hubungan yang bersifat individual dengan para pelanggannya,harus berkonsentrasi pada masalah-masalah yang dapat diselesaikannya bagi para pelanggannya daripada mengarahkan para pelanggan untuk menemukan dan membeli produk-produk yang dihasilkannya.

Jasa dalam arti katanya yang klasik,mencakup perhatian yang tak pernah pudar pada berbagai kebutuhan individual para pelanggan.Melayani dengan senyum.Para pelanggan selalu benar.Jenis jasa inilah yang sekarang menjadi bagian inti dari komples bisnis.Mengapa ? Karena teknologi dapat kembali menghadirkannya.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Budaya Pelayanan"

Posting Komentar

Selamat berkomentar !!!!
Mari Berteman !!

 
 
Kembali lagi ke atas