Rabu, 03 Maret 2010

Mengetahui Customer Anda

Ada dua jenis keahlian yang dibutuhkan agar dapat berhasil dalam bisnis,yaitu keahlian tentang produk dan keahlian tentang pelanggan.Anda harus memiliki keahlian tentang produk agar dapat membuat produk barang dan jasa yang terbaik bagi pasar anda.Apabila anda tidak melakukan investasi yang rasional dalam hal ini,maka sebaik apapun hubungan anda dengan pialang saham yang menjadi rekan kerja anda,kegiatan bisnis anda tidak akan bertahan lama.

Tetapi keahlian tentang pelanggan merupakan suatu hal yang sering diabaikan oleh banyak perusahaan.Mengetahui pilihan-pilihan yang disukai oleh beberapa orang pelanggan merupakan aset yang sangat bernilai ketika anda melakukan lebih banyak hal bersama dengan pelanggan-pelanggan itu di masa depan.Faktanya dalam dunia bisnis semuanya kini menjadi semakin mirip dan perusahaan-perusahaan yang memiliki keahlian tentang pelanggan,khususnya tentang beberapa orang pelanggan yang sangat bernilai,kelihatannya akan lebih berhasil untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Keahlian tentang produk dan keahlian tentang pelanggan penting,namun untuk jangka panjang keahlian tentang pelanggan lebih dapat diunggulkan karena kompetisi yang semakin keras di dalam dunia bisnis menuntut keahlian ini.Tidak mungkin anda dapat melarang kompetitor anda untuk melakukan berbagai penelitian dan mendapat keahlian tentang produk sebanyak yang anda miliki,yang menyebabkan mereka dapat menghasilkan produk yang sama seperti produk yang anda hasilkan dan membuat pelanggan anda memiliki pilihan yang semakin beragam antara dua produk yang hampir sama.

Namun agar kompetitor anda dapat memiliki keahlian tentang pelanggan seperti yang sudah anda miliki,khususnya dalam hubungannya dengan beberapa orang pelanggan yang sangat bernilai,maka mereka harus mampu melakukan interaksi dengan para pelanggan anda seperti anda pertama kali bernteraksi dengan mereka.Semakin banyak informasi yang anda ketahui tentang beberapa orang pelanggan,maka akan semakin banyak keuntungan yang anda dapat peroleh,karena anda dapat mempertahankan loyalitas mereka.

Mengetahui setiap pelanggan anda berarti sanggup mengubah cara anda memperlakukan mereka secara individual,berdasarkan kebutuhan-kebutuhan atau nilai mereka bagi anda.Namun anda tidak dapat mengenal setiap pelanggan anda jika anda tidak memiliki data tentang mereka,sebuah database pelanggan dan beberapa aplikasi analisis data pelanggan.

Perusahaan anda tidak akan dapat sungguh-sungguh mengetahui para pelanggan anda jika anda tidak membuka akses informasi tentang mereka kepada seluruh karyawan anda yang melakukan hubungan dengan mereka.Karena itu memiliki pengetahuan tentang pelanggan bukan saja berarti mendapatkan data-data tentang mereka dan mengekstrak berbagai informasi dari mereka,tetapi juga mengkomunikasikan informasi itu kepada seluruh bagian dari perusahaan anda.Dan itu berarti anda harus memiliki sistem pengumpul berbagai informasi dari para pelanggan pada saat informasi-informasi itu tersedia.

Biasanya mengetahui pelanggan tidak lebih rumit daripada membangun sistem untuk merekam berbagai transaksi yang mereka lakukan dengan perusahaan anda.Disaat yang lain, usaha seperti ini membutuhkan database yang lengkap tentang referensi dan selera para pelanggan anda.Juga biasanya berarti bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan mereka.

4SRATT7RFEJP
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Mengetahui Customer Anda"

Posting Komentar

Selamat berkomentar !!!!
Mari Berteman !!

 
 
Kembali lagi ke atas