Minggu, 07 Maret 2010

Perhatikan Sistem Saluran Distribusi

Memperhatikan organisasi perusahaan anda atau budaya atau level pengetahuan yang umum dalam hubungannya dengan prinsip-prinsip manajemen hubungan pelanggan adalah salah satu aspek dari pengelolaan bisnis yang bersifat personal.Aspek ini memang cukup sulit,namun masih dapat dikelola dengan baik.

Pada sisi yang lain,banyak perusahaan yang menjual produk atau jasanya melalui agen-agen perantara seperti dealer,distributor,reseller,retailer atau berbagai bentuk agen perantara lain yang membuat gagasan tentang customer service menjadi jauh lebih sulit untuk diterapkan.

Mungkin saja saluran distribusi yang menjadi perantara penjualan produk atau jasa anda sudah tidak begitu bermanfaat lagi dan dapat digantikan oleh jenis-jenis teknologi baru atau model-model bisnis yang baru,seperti misalnya teknologi e-commerce atau pusat pelayanan hubungan langsung dengan pelanggan.Apabila kompetitor-kompetitor baru dalam kategori bisnis anda menggunakan strategi penjualan langsung sementara anda tetap menggunakan struktur distribusi yang lebih tradisional,maka anda harus berhati-hati,mungkin tidak semua kegiatan bisnis anda akan hancur,namun semua yang anda lakukan berada dalam bahaya.Benar,bahwa dengan menggunakan strategi penjualan langsung anda mungkin harus menghilangkan beberapa aspek bisnis anda,namun siapa yang sebenarnya lebih mengancam anda ?

Pada sisi yang lain,apabila anda mempunya rekan-rekan perantara yang melakukan pelayanan dengan tujuan yang jelas,yang lebih dari sekedar mengirim produk kepada konsumen akhir anda,maka anda mungkin harus menggunakan prinsip-prinsip customer service untuk memperkuat dan memperdalam hubungan anda dengan mereka.Anda harus membantu mereka menciptakan hubungan yang lebih baik dengan para pelanggan mereka masing-masing ( yang sebenarnya adalah pelanggan akhir anda ),untuk keuntungan bersama anda dan mereka.Anda harus menyediakan alat-alat dan berbagai sumber daya yang membuat agen-agen perantara anda dapat mengirim produk atau melayani konsumen akhir anda dengan lebih baik,lebih bijak,lebih murah dan lebih efisien.

Kedua jenis strategi ini sama-sama benar,entah anda memilih untuk tetap menggunakan saluran perantara dengan cara yang biasa atau memperkuat hubungan anda dengan mereka.Ini hanyalah pertanyaan tentang strategi yang lebih sesuai dengan situasi khusus bisnis anda.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Perhatikan Sistem Saluran Distribusi"

Posting Komentar

Selamat berkomentar !!!!
Mari Berteman !!

 
 
Kembali lagi ke atas